Masalah Google, Youtube dan Cara Atasinya

Halaman banding akun Youtube. (IST)

Empat bulan lalu, akun Youtube saya ditangguhkan. Atau disuspend oleh Google. Saya tak sempat melihat surel pemberitahuan yang dikirim kepada saya. Jadi otomatis saya tidak tahu. Youtube itu salah satu produk dari beberapa produk milik google.

Waktu saya mau upload video ke Youtube, tidak bisa. Dashboard tidak ditampikan. Tetapi yang muncul adalah akun anda ditangguhkan karena melanggar aturan dan kebijakan kami.

Sepengetahuan saya yang saya pelajari dari Google, sebuah akun bisa disuspend kalau melanggar ketentuan, aturan dan kebijakan mereka. Antara lain, misalnya: aktivitas ilegal, praktik berbahaya dan menipu, hate speach, pelecehan, penindasan, dan ancaman, spam, materi seksual vulgar. Selain ini masih banyak lagi.

Saya tidak percaya. Saya baca berulangkali soal dugaan pelanggaran yang sebabkan akun saya diblokir. Ternyata tidak ada.

Dugaan sebab akun saya ditangguhkan menurut hemat saya ada dua penyebab. Karena tidak ada konten yang bertentangan dengan kebijakan dan aturan google, maka saya menduga bahwa akun saya diblokir karena: pertama, dilaporkan oleh orang lain untuk blokir akun saya, kedua karena saya pakai satu nomor HP untuk beberapa akun di Google. Hanya dua penyebab ini. Tetapi, jika keduanya tidak, maka saya pastikan bahwa kesalahan atau kekeliruan dari tim google. Titik!

Jadi, setelah saya pastikan tidak ada, saya lalu mencari solusi untuk kembalikan akun saya yang ditangguhkna.

Saya ikuti petunjuk dari google. Satu-satunya yang saya harus lakukan adalah ajukan banding. Saya ajukan banding dua kali. Yang pertama saya ajukan bulan April 2017. Tidak ditindaklanjuti oleh google walaupun banding sudah diajukan. Kedua, saya ajukan bulan Juni 2017. Yang kedua diporoses. Hanya butuh waktu dua hari untuk menindak lanjuti itu.

Untuk sodara yang punya nasib sama dengan saya. Artinya yang akun youtubenya disuspend, bisa ikuti petunjuk yang diberikan google. Jangan dulu merasa kecewa dan kesal. Tetapi terus mencoba untuk mencari jalan keluar memecahkan masalah itu. Seharusnya begitu bukan, sodara…!

Saran saya, pertama kunjungi halaman ini: Halaman Pengajuan Banding

Di halaman banding, sodara hanya diminta isi beberapa data dan syarat yang dibutuhkan bersama dengan alasan mengapa anda ajukan banding. Setelah itu akan diterima dan diproses. Durasi atau lama jangka waktu untuk mendapatkan jawaban, biasanya tergantung google. Tetapi paling lama 24 jam. Setelah itu bisa dapatkan jawaban.

Artinya, sodara, jadi setelah akun saya disuspend selama empat bulan, saya ajukan banding dua kali. Lalu bisa dibuka akun saya. Sekarang saya sudah bisa akses lagi akun saya di Youtube.

Masalah saya dengan google tidak selesai. Masih ada urusan dengan Google. Akun Google+ saya disuspend jauh sebelum Youtube disuspend. Masih mencari jalan keluar.

Selamat Membaca….!

Leave a Reply

